UNIVERSITAS TERBUKA

Posted by Andri Saturday, July 13, 2013 0 comments

UNIVERSITAS TERBUKA 

Biasa disingkat UT adalah Universitas Tinggi Negeri ke –45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984 berdasar Keputusan Presiden RI No 41 Tahun 1984.

  • TUJUAN PENDIRIAN UT
  1. Memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara  Indonesia dan warga negara asing di manapun tempat tinggalnya untuk memperoleh pendidikan tinggi.
  2. Memberikan tinggi bagi mereka yang karena bekerja atau karena alasan lain tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka.
  3. Mengembangkan program pendidikan akademik, vokasi, dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.
  • SISTEM PEMBELAJARAN

UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka artinya ada keterpisahan antara dosen dan mahasiswa sehingga proses pembelajaran dilaksanakan secara mandiri dengan menggunakan berbagai media, baik media cetak (modul yang didapat saat regristrasi matkul yang akan diikuti) maupun media non-cetak (audio/visual, komputer/internet, siaran radio, televisi). Serta untuk menjadi mahasiswa UT tidak ada batasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu regristasi dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah setiap calon mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA sederajat).

  • CARA BELAJAR MAHASISWA

Karena UT menerapkan Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ) maka menuntut mahasiswa belajar secara mandiri memiliki inisiatif dalam mempelajari bahan dan mengerjakan tugas-tugas, memantapkan ketrampilan, dan menerapkan pengalaman belajarnya di lapangan atau pekerjaan. Dengan demikian, mahasiswa diharuskan memiliki disiplin diri dalam mengatur waktu belajarnya , inisisatif yang tinggi, dan motivasi yang kuat untuk belajar baik secara perseorangan maupun kelompok dengan menggunakan bahan ajar cetak taupun non-cetak sebagai sumber belajarnya.

Untuk FAKULTAS yang DILAKSANAKAN DI UT akan saya sampaikan pada posting selanjutnya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: UNIVERSITAS TERBUKA
Ditulis oleh Andri
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://serabipendidikan.blogspot.com/2013/07/universitas-terbuka.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Pergunakan kolom Komentar ini sebaik-baiknya, Cerminkan bahasa anda adalah bahasa orang pendidikan

Adsense Indonesia
Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of Serabi Pendidikan.