Program Sekolah Peringatan Hari Besar Indonesia

Posted by Andri Thursday, September 13, 2018 0 comments
    Mengingat kegiatan sekolah yang tidak ada hentinya dan untuk memajukan pendidikannya, maka sekolah perlu membuat rencana berbagai kegiatan-kegiatan bagi semua warga sekolahnya. Salah satu kegiatan yang perlu direncanakan oleh pihak sekolah adalah kegiatan-kegiatan dalam rangka memperingati hari-hari besar keagamaan di Indonesia. 
    Untuk menanamkan rasa toleransi keagamaan, berikut program kegiatan sederhana yang bisa menjadi referensi penyusunan program-program kegiatan khususnya di SD. Semoga bermanfaat......



PROGRAM KEGIATAN PERINGATAN HARI BESAR INDONESIA (PHBI)
SD NEGERI 1 BANJARPANEPEN
TAHUN 2015-2016

   A.    Latar Belakang
Secara konstitusional, pendidikan nasional:“...berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (vide Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional).

Pengembangan potensi peserta didik sebagaimana dimaksud dalam tujuan pendidikan nasional tersebut secara sistemik-kurikuler  diupayakan melalui kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler, dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler diselenggaraakan melalui kegiatan terstruktur dan terjadwal sesuai dengan cakupan dan tingkat kompetensi muatan atau matapelajaran. Kegiatan ko-kurikuler dilaksanakan melalaui penugasan terstruktur terkait satu ata lebih dari muatan atau matapelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan kegiatan terorganisasi/terstruktur di luar struktur kurikulum setiap tingkat pendidikan yang secara konseptual dan praksis mampu menunjang upaya pencapaian tujuan pendidikan.

Dalam rangka pembaharuan sistem pendidikan nasional telah ditetapkan visi, misi dan strategi pembangunan pendidikan nasional. Visi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Terkait dengan visi tersebut telah ditetapkan serangkaian prinsip penyelenggaraan pendidikan untuk dijadikan landasan dalam pelaksanaan reformasi pendidikan. Salah satu prinsip tersebut adalah pendidikan diselenggarakan sebagai proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.
Dalam proses tersebut diperlukan guru yang memberikan keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik. Implikasi dari prinsip ini adalah pergeseran paradigma proses pendidikan, yaitu dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran.
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi agar terlaksana secara efektif dan efisien. Mengingat kebhinekaan budaya, keragaman latar belakang dan karakteristik peserta didik, serta tuntutan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran harus fleksibel, bervariasi, dan memenuhi standar. Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
Mewujudkan tujuan sebagaimana tersebut di atas membutuhkan dukungan. Dukungan terbesar selama ini bersumber dari pemerintah. Dukungan dari pihak lain tentu sangat dibutuhkan karena pada prinsipnya pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah, orang tua, dan masyarakat.
Berdasar hal tersebut, Sekolah Dasar Negeri  1 Banjarpanepen, Unit Pendidikan Kecamatan Sumpiuh bekerja keras agar dapat mendapat dukungan bantuan selain dari pemerintah dengan membuat “Program Peringatan hari besar Indonesia (PHBI) SD Negeri 1 Banjarpanepen
Pengertian Peringatan hari besar Indonesia (PHBI) di sini mengandung makna  adanya partisipasi masyarakat pada sekolah dan partisipasi sekolah pada masyarakat. Dengan adanya partisipasi timbal balik ini diharapkan tujuan pendidikan di sekolah yang tertuang dalam visi, misi, dan tujuan sekolah dapat tercapai.

B.     Dasar Hukum
1.    Undang-undang Nomor 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.    Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar proses pendidikan,
4.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2006 tentang standar kompetensi lulusan

C.     Tujuan
1.    Peserta didik dapat belajar dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain, serta menemukan dan mengembangkan potensinya.
2.    Sebagai wahana penguatan psikologis-sosial-kultural (reinfocement) perwujudan sikap dan keterampilan.
3.    Sebagai upaya memperkuat proses pembentukan karakter bangsa yang berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilia dan moral Pancasila.

D.    Manfaat
      1.   Memberikan ruang gerak bagi orang tua dan masyarakat agar dapat  berperan aktif dalam pendidikan.
      2.   Sekolah dapat mewujudkan program kerjanya.
      3.   Meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 1 Banjarpanepen.

E.     Bentuk-Bentuk Program Peringatan Hari Besar Indonesia (PHBI) Sekolah

Bentuk Program Peringatan hari besar Indonesia (PHBI) SD Negeri 1 Banjarpanepen sebagai  salah satu bentuk proses pendidikan untuk meningkatan standar kompetensi lulusan sebagai berikut :

No
Program Peringatan hari besar Indonesia (PHBI)
Bentuk yang Diprogramkan
1.
Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia
a.     Lomba-lomba
b.     Karnaval
2.
Peringatan Hari Pendidikan Nasional
a.       Lomba Mewarnai
b.      Lomba Kelas Kreatif
3.
Bulan Bahasa
a.       Lomba cipta puisi
b.      Lomba menyusun sinopsis
3.
Hari Pramuka
a.       Apel Hari Pramuka
4.
Hari Kartini
a.       Apel Hari Kartini
5.
Pesantren Ramadhan
a.       Pesantren Ramadhan
b.      Tadarus
c.       Buka bersama
6.
Maulid Nabi Muhammad
a.       Lomba Mewarnai Kaligrafi
b.      Lomba Pildacil
7.
Natal
a.       Kebaktian anak

F.      Pembiayaan
Kegiatan yang terdapat dalam Program PHBI SDN 1 Banjarpanepen semua bersumber dari dana BOS yang sudah dialokasikan dalam  RKAS.

G.    Penutup

Program tinggallah sebuah nama bila tanpa dukungan dari semua pihak, termasuk Program Peringatan hari besar Indonesia (PHBI) ini. Dukungan ini amatlah vital agar program partisipasi masyarakat dapat mencapai hasil yang optimal.

Bentuk-bentuk Program Peringatan hari besar Indonesia (PHBI) di atas memiliki arti dua arah yakni bantuan masyarakat ke sekolah dan sebaliknya bantuan sekolah ke masyarakat. Partisipasi dua arah inilah yang menjadi dimensi dan warna Peringatan hari besar Indonesia (PHBI). Dengan pola Peringatan hari besar Indonesia (PHBI) ini diharapkan semua dapat bersumbang saran sesuai dengan hak dan kewajibannya masing-masing.

Sadar sedalam-dalamnya, program ini sungguh mengharapkan peran serta semua pihak secara tulus dan ikhlas. Mudah-mudahan dengan setitik yang dapat kita berikan ada manfaatnya bagi kemajuan bangsa di kelak kemudia hari.


 Kepala Sekolah



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Program Sekolah Peringatan Hari Besar Indonesia
Ditulis oleh Andri
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://serabipendidikan.blogspot.com/2018/09/program-sekolah-peringatan-hari-besar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Pergunakan kolom Komentar ini sebaik-baiknya, Cerminkan bahasa anda adalah bahasa orang pendidikan

Adsense Indonesia
Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of Serabi Pendidikan.