UUD 1945

Posted by Andri Monday, September 17, 2018 0 comments

 Mari Belajar Tentang CPNS 2018

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (biasa disebut UUD 1945) adalah kumpulan hukum fundamental tertulis (basic law) untuk konstitusi NKRI
Hukum ini secara absolut mengikat pemerintah, lembaga negara, lembaga masyarakat, serta seluruh rakyat atau penduduk Republik Indonesia.
Dimanapun kita berada, selama masih menyandang status sebagai warga NKRI, maka UUD 1945 secara mutlak berlaku untuk kita.
Begitu juga pada setiap penduduk negara lain yang berada di wilayah Negara Republik Indonesia. Hal ini sesuai dengan Penjelasan Umum Undang-Undang Dasar 1945 angka I yang menyebutkan bahwa:
“Undang-undang Dasar adalah sebuah hukum dasar yang tertulis. Sedangkan disampingnya itu, berlaku pula hukum dasar yang tidak tertulis.
Di antaranya adalah aturan-aturan dasar yang timbul dan terpelihara pada praktek penyelenggaraan Negara, meskipun tidak tertulis”.
UUD 1945 mulai disahkan sebagai undang-undang dasar negara oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945.
Hingga pada tahun 1999-2002, UUD 1945 telah mengalami amandemen atau perubahan sebanyak empat kali. Hal ini pun mengakibatkan berubahnya susunan lembaga-lembaga dalam sistem ketatanegaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sumber: https://kampusious.com/uud-1945/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: UUD 1945
Ditulis oleh Andri
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://serabipendidikan.blogspot.com/2018/09/uud-1945.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Pergunakan kolom Komentar ini sebaik-baiknya, Cerminkan bahasa anda adalah bahasa orang pendidikan

Adsense Indonesia
Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of Serabi Pendidikan.